Oleh: donbull | Oktober 22, 2014

Aplikasi Android Tabel Unsur Periodik Buatan Ane

Setelah 2 bulan lalu punya niatan belajar bikin aplikasi android buat murid privat saya, akhirnya awal bulan ini (oktober 2014) kesampaian juga. Meski belum sehebat para android developer yang lain, tapi semoga hasil kursus saya dalam lima kali pertemuan ngga jelek-jelek amat.  Berhubung saya sangat suka mengajar dan suka dengan yang namanya sekolah, saya memutuskan untuk membuat aplikasi android Tabel Periodic Unsur (Periodic Table). Setelah mecari-cari ide yang tepat akhirnya berjodoh sama ide tersebut. Yang jadi pertimbangan saya adalah aplikasi tersebut nantinya tidak akan peka waktu. Mau sekarang atau 50 tahun yang akan datang inshaa Alloh masih bisa dipakai.

Aplikasi ini saya buat dalam dua versi. Satu versi bahasa inggris dan satuf lagi versi bahasa Indonesia. Saya bikinnya pakae duet eclipse dengan phonegap jadi belum versi yang native java alias baru hybrid. Pingin banget belajar java tapi belum sempet waktunya T,T.

Rancang bangun aplikasi tabel periodik unsur ini cukup sederhan. Terbai menjadi dua jendela utama. Jendela pertama adalah jendela yang menampilkan gambar tabel periodik unsur seperti layaknya yang sering kita lihat di halaman depan atau belakang buku kimia SMA. Kemudian jendela berikutnya adalah jendel pop up yang menampilkan detail lengkap dari tiap unsur. Jadi kawan blogger semua tinggal tab di usur yang diinginkan maka bakal nongol tuh detail lengkap unsur tersbut.

Apa saja detail yang ditampilkan? Banyak sekali. Mulai dari nama unsur, simbol, nomor atom, periode, nama asli (asal katanya), struktur kristal, berat atom, sub kulit, orbital, elektron valensi, radius ataom, energi ionisasi, sifat termodinamika, dan masih banyak lagi. Di aplikasi tabel periodik unsur ini juga ada data tentang sejarah penemuan, sumber di alam, dan kegunaan dari masing-masing unsur kimia.

2014-10-01_224422Gambar di atas adlah tampilan halaman depan aplikasi ini. Untuk tampilan jendela pop up seperti berikut

Tangkapan Layar 2014-10-04 pada 22.28.44 Tangkapan Layar 2014-10-04 pada 22.28.38 aplikasi android tabel periodik unsur

Untuk jedela (kotak) di samping lambang unsur bisa di gulung kebawah untuk melihat detail lebih lengkap tetang unsur tersebut. Jadi tinggal swip ke bawah. Sementara ini baru adat 106 database unur termasuk aktinida dan lantanida. Nanti kalau ada waktu luang bakal saya lengkapi hingga unsur kimia ke 117. Berikut video sekilas tentang aplikasi tersebut. (Mohon maaf kalau bahasa inggrisnya masih belepotan)

Aplikasi yang versi indonesia saya beri nama tabel periodik unsur kimia dan yang inggris saya beri nama “Best Periodic Table”. Khusus di aplikasi yang indo saya tambahkan diagram sebaran elektron di masing-masing jendela pop up.  Untuk aplikasinya sendiri alhamdulillah sudah saya upload ke google play store lewat link berikut.

aplikasi android tabel periodik unsur

Versi Berbahasa Indonesia

120 180 easy periodic table

Versi Bahasa Inggris

Untuk detail lebih lanjut bisa sobat baca di Tabel Periodik Unsur. Untuk script html tiap pop up unsur memang sangat banyak tapi ini bisa disiasati dengan menggunakan excel dan mail merge pada ms word. TInggal copy script template pop up di word kemuudian kita mail meerge dengan data pada spread sheet excel. Hehehe semoga aplikasi newbie yang sederhana ini bisa bermanfaat buat pembaca di rumah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: