Oleh: donbull | November 8, 2012

Blogging untuk Uang dan Blogging untuk Kepuasan

Lama ngga posting, sibuk ngurus blog sebelah sama Olshop sebelah yang ngga kunjung selesai. Hari ini ingin share soal ngeblog, uang, atau kepuasan?

Orang itu punya blog untuk tujuan yang bermacam-macam. Blogger bisa dibedakan jadi dua golongan. Golongang pertama, orang punya blog untuk kepuasan pribadi sedangkan golongan kedua punya blog untuk tujuan komersil, mendapatkan uang. Orang golongan pertama kurang peduli atau bahkan tidak peduli sama sekali soal keuntungan berupa uang dari blog mereka. Sederhana, mereka lebih menikmati menulis dan sharing pikiran dan pengalaman mereka kepada para pembaca. Golongan kedua, mereka punya blog fokus semata-mata hanya untuk uang. Mereka mencoba menerapakkan setiap cara yang mereka ketahui bisa menghasilkan uang. Pokoknya tujuan utamanya uang,uang, dan uang.

Punya Blog untuk Tujuan Uang

blogging untuk tujuan uang

Ketika anda punya blog semata-mata hanya untuk tujuan uang, anda akan gampang stress. Saya dulu pernah mencoba bikin blog di blogger yang memang tujuannya untuk mendapatkan uang bukan untuk dinikmati atau dijadikan hobi. Hasilnya ketika saya melihat traffic blog saya lalu saya bandingkan dengan traffic orang lain rasanya bikin stress. Waktu itu saya coba google adsense dan link shrinker, adfly. Dua bulan pertama kurang dari 1000 rupiah. Merawat Blog tersebut sama sekali belum bisa jadi hobi dan kesenangan buat saya. Pengalaman saya, jika blog anda belum juga bisa menghasilkan apa yang anda harapkan, anda akan gampang putus asa dan kecewa dan meninggalkan blog anda. Blog anda terlantar. Apalagi ketika sudah lama sekali ngeblog dengan beratus-ratus postingan tetapi uang sepeserpun belum didapat anda mungkin bisa gila. Anda akan menghabiskan banyak waktu hanya untuk membuat postingan anda sempurna agar bisa di index oleh google dan dikunjungi banyak orang. Jika anda punya blog untuk tujuan uang, sejalan dengan itu, anda akan mendaftar ke berbagai macam situs jejaring sosial sebanyak-banyaknya. Anda melakukannya hanya semata-mata meningkatkan kunjungan di blog anda. Karena dengan semakin banyak kunjungan semakin banyak pula uang yang akan anda dapat. Sebagian dari anda akan berlebihan berbagi link dan akhirnya menjadi spam. Mungkin anda juga akan mencoba program affiliate atau membuat iklan PTC/PPC (pay per click). Semata-mata hanya untuk tujuan uang. Mungkin untuk sementara waktu akan membantu, tetapi melakukan hal itu secara terus menerus anda membuat anda capek. Sebetulnya tidak perlu berlebih. Google sendiri suka sesuatu yang alami.

Punya blog untuk tujuan uang juga membuat anda fokus semata-mata pada bagaiman mendapatkan uang. Anda akan melupakan apa itu persahabatan di blog, kecintaan pembaca, apresiasi pembaca, dan hal-hal yang lain. Anda akan fokus pada topic dan kata kunci yang mendatangkan kunjungan sehingga anda melupakann selera pembaca. Anda hanya fokus pada SEO optimization, bagaimana meningkatkan Page Rank google, dll. Lambat laun pembaca blog anda akan kabur sendiri. Saran saya, jika anda belum bisa enjoy dengan proses membesarkan blog anda, jangan dulu uang jadikan tujuan utama anda nge-blog.

Punya Blog untuk Tujuan Hobi/Kepuasan/Kesenangan

blogging untuk tujuan kepuasan

Saat anda punya blog untuk tujuan kepuasan  dan kesenagan pribadi, istiqomah ngeblog, dan anda mengutamakan kualitas blog anda, anda akan sangat menikmatinya. Anda tidak akan mengenal stress, bahkan blog anda bisa jadi penghilang stress anda di kehidupan sehari-hari.

Anda akan senang dan puas ketika menulis sesuatu yang memang merupakan hobi, keterampilan, atau interest anda. Tulisan-tulisan anda akan berkualitas dan banyak manfaat yang diperoleh pembaca.Itu akan menjadi kepuasan tersendiri yang tidak bisa digantikan oleh uang. Coba ketika ada kawan blogger atau pembaca memberikan komentar yang isinya terima kasih buat postingannya yang anda buat pasti anda akan senang.

Anda juga tidak akan terdorong mendaftar ke banyak jejaring sosial jika anda ngeblog untuk tujuan kesenangan. Anda juga tidak perlu mendaftar program afiliasi atau bahkan membayar jasa penyedia traffic.

Sebagian besar situs blogging membuka peluang untuk bisa mendapatkan uang dari iklan yang di pajang di blog anda. Jika ada pengunjung yang mengklik iklan di blog anda maka anda dapat pendapatan sekian persen. Iklan yanng dipasang di blog anda akan menyesuaikan dengan content di dalamnya. Misal soal kesehata, maka akan iklan yang dipasang akan erat kaitannya dengan kesehatan walaupun tidak selalu seperti itu.

Yakin saja, jika anda ngeblog untuk tujuan kesenangan dan kepuasan pribadi, dan anda tidak semata fokus pada uang, anda akan punya peluang untuk mendapatkan uang. Dengan konten berkualitas dan tidak abal-abal, uang akan mengalir dengan sendirinya secara alami. Anda senang, stress hilang, dan uang akan datang. Blog saya ini saja walaupun PR masih 1 (alhamdulillah) tapi gara-gara saya suka ngedesain vector wajah dan kadang saya post ternyata banyak yang minat. Uang yang didapat ngga begitu besar sih, tapi cukuplah buat beli krupuk. :D


Responses

  1. setuju sangat dengan pendapatnya ini lebih baik ngeblog dengan tujuan hobi. Kalau udah hobi biasanya uang akan datang sendiri itu ya :) Saya punya 2 blog dan ke dua2nya hanya untuk menyalurkan hobi saya. Blog yang pertama akhirnya sudah bisa menghasilkan banyak walaupun bukan dari dunia maya tapi lebih dari dunia nyata hehe.. Oya sob mau donk foto saya di bikinin vektornya ntar saya pajang diblog sekalian menggantikan icon sianakdesa :D Gimana berminat ?

  2. kepuasaan batin kadang lebih mahal Mas :)

    • iya mas.. bener,, terima kasih buat kunjungannya.. :D

  3. Saya dulu binggung mas tujuan saya bikin blog untuk apa…
    coba-coba aja bikin blog…
    tapi sekarrang blog buat ngisi waktu luang aja…

    salam kenal

    • hehe.. iya.. salam kenal… :D

  4. Ikut numpang lewat saja Mas :p ,,, salamm blogger

    • hahaha.. oke mas.. terima kasih kunjungannya..

  5. Mau nyari duit atau tempat buat curhat, pokoke teteup semangat terus ngeblognya :D

    • semangkaaaaaaa… kak aakin.. :D

  6. ninggalin jejak aje gan,,
    salam blogger :)

    • salam kenal juga mas bro.. :D

  7. setuju mas……… dulu saya semangat ngeblog pakai wordpress.. setelah tau bisa dapat uang saya pindah ke blogspot, sekian lama di blogspot tidak menghasilkan ke wordpress lagi… wordpress saya jadikan blog curhatan semata, sedangkan blogspot saya fokuskan untuk mencari uang, pada saat pengunjung yang di blogspot anjlok drastis semangat blog hilang, dan jadi stress….

    memang lebih baik untuk kesenangan segalanya akan menjadi lebih baik

  8. dulu waktu bikin blog jujur cari duit, tapi tahu kan di wp tidak boleh pasang iklan, kecuali blog yg pro berbayar, akhirnya nulis apa saja sebisanya. sampai suatu waktu ada yg iseng pesen karikatur, saya coba posting, dan ternyata u kata kunci “karikatur pre wedding” ada di halaman utama, sampai akhirnya tanpa sengaja, jdi blog galeri karikatur. lumayan lah bener kata masnya buat beli krupuk, satu becak penuh.
    jadilah blog semi komersil, haha salam kenal mas..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: