Oleh: donbull | Desember 3, 2011

Rohah (intermezzo)

Nama pendeknya adalah Muhammad bin Jahm sedangkan nama lengkapnya Ahmad bin Muhammad bin Sulaiman bin Hasan bin Jahm bin Bukair bin A’yun asy-Syaibani al-Kufi al-Baghdadi(panjang banget). Dia juga punya nama beken Abu Ghalib Az-Zurari. Dulu, pada zaman Khalifah Al-Ma’mun (putra harun al-rasyid) dia menjabat sebagai seorang gubernur. Itu antara tahun 813-833 M. Beliau adalah salah satu ulama besar saat itu dan juga seorang perawi hadits. Ada cerita lucu, unik, nan inspiratif dari beliau. Peristiwa singkat yang sangat ngena.
Begini ceritanya,
Suatu hari di rumah Muhammad bin Jahm, teman-temannya sedang berkumpul bersama. Mereka main ketempat beliau dan duduk-duduk di sana.Salah seorang dari temannya berkata, “Kadanga kami khawatir kalau kami duduk-duduk di sini akan mengganggu dirimu, maka tolonglah beri kami pertanda baik mana waktu yang cocok sehingga kami dapat berkunjung dan tidak akan mengganggumu.Kami  tidak akan berkunjung selain waktu tersebut.” Kira-kira Muhammad bin Jahm menjawab apa ya..
Begini yang dikatakan Muhammad bin Jahm,“Pertanda baiknya itu kalau aku mengatakan, ‘Pelayan, tolong ambilkan makanan.'”
#nyengir


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: