Oleh: donbull | Desember 1, 2011

ibu (1)

Setting Latar Cerita

suatu sore, saya nganter ibu ke dokter karena sakit radang paru-parunya kambuh. Sore hari cerah dan langit tampak kemerah-merahan. Lokasi  praktek dokternya sekitar 15 km dari rumah, cukup jauh kalau naik motor ditambah  jalan yang kurang begitu bagus dan motor yang sakit-sakitan.

Sebuah dialog singkat

perjalanan pulang, motor jalan 30-an km /jam dengan terpaan sinar matahari dari arah barat,.

Ibu : “Don kapan kowe wisuda?” (tiba-tiba saja ko nanya)
——— sedikit tentang ibu. ibu saya lbih dari seorang single parent (pendapat pribadi), dagang di pasar buat ngrawat suaminya yang sakit dan nguliahin 3 orang anaknya, serta merawat 1 anaknya lgi yang kurang beruntung sejak kecil—–
saya : “InsyaAlloh awal oktober bu’, wonten napa e bu’?
Ibu : ” Oga opo-opo don, yo syukur leh don muga-muga ndang rampung.”
saya : “Nggih bu’ dongane mawon”
——–diam beberapa saat——–
Ibu : “Don, lha kakak kelasmu sing anake bakul sega goreng saiki ning ndi?”
Saya : “Ooooo,, mas Ardi** tho bu'”
——-mas Ardi** itu kakak kelas saya waktu sma dan waktu di sebuah perguruan tinggi teknik ternama di Bandung——–
saya : “Kayak e saki ning jakarta kerjane bu’, wingi habis dari Australi, nek mboten salah.”
——diam beberapa saat, saya masih asyik main gas——
ibu : “Don, bu’e ki isin don” (nah lho knapa? mulai deh ngomong yang aneh-aneh)
saya : “Wonten napa e bu’ ko isin?”
Ibu : “isin leh don bu’e isin, mosok mbiayai sekolah anake ning sekolahan sing apik ko’ ga kuat. Nek awakmu kuliah ning kono mungkin iso  kaya mas Ardi***
—–saya cuma gelang-geleng kepala, sambil senyum (aga lucu soalnya), sesenggukan menahan air mata yang dah mau bocor aja—–
saya : “mpunlah bu’ Gusti Allah sing duwe lang sing paringi dalane urip, dalane wis deewe-dewe.”
—–baru pertama kali, naik motor sambil adem panas nahan nangis, sampai deket rumah begitu terus, padahal masih 5 kilo-an lagi——
saya : “Bu’e kersa dhahar napa ki? mengko tak ampirke sadurunge tekan omah.”
Ibu : “Karepmu don, nek isa sing anget-anget..”


Tinggalkan Balasan

Kategori

