Oleh: donbull | November 24, 2011

info pasar hari ini

Saya laporkan dari pasar di deket rumah, untuk kebutuhan pokok cenderung naik. Harga beras berkisar antara Rp.7000 sampai Rp. 9000. Harga beras sangat beragam karena jenis beras yang beredar cukup banyak. Beras non slip dengan sedikit menir (pecahan beras) harganya Rp.7400. Harga serupa juga untuk beras non slip utuh dengan warna yang tidak menarik (non blower). Beras slip super delanggu seharga Rp.8500, sedangkan untuk slip super wangi seharga Rp.9000.Harga beras jatah yang sama dengan yang kaya beras RT yang dibagikan ke masyarakat dengan harga 5.500 dapat dijual dengan harga Rp.6000. Harga beras diperkirakan akan merangkak naik sedikit demi sedikit karena masih susahnya panas matahari di musim penghujan. Susahnya panas juga menyebabkan beras yang beredar akan didominasi beras yang banyak menirnya.

Harga kebutuhan pokok lain cenderung stabil. Gula pasir di kisaran Rp.9500, minyak goreng di kisaran 9.300, kacang tanah 15000, dan telur di harga 14.000 an. Untuk cabai, cabai rawit sekitar 10.000, cabai merah kriting 17.000, cabai hijau 9.000, dan cabai rawit merah pedas 12.000. Kenaikan harga yang cukup signifikan terjadi pada gula merah, kecap, dan jahe. Gula merah yang sebelumnya seharga 9.000 naik menjadi 12.000. Kecap rata-rata mengalami kenaikan 200 dikarenakan kenaikan gula merah itu sendiri yang merupakan bahan baku pembuatannya. Harga jahe cukup heboh mencapai 20.000. Di pasar ini juga beredar jahe impor dari cina dengan ukuran sebesar lengkuas dengan harga yang jauh lebih murah, hanya seharga 12.000-an namun tidak sesedap jahe jawa.

Permintaan konsumen sendiri masih didominasi kebutuhan sehari-hari. Permintaan konsumen diperkirakan akan mengalami peningkatan menjelang tanggal 1 syuro dikarenakan akan banyak perayaan mendekati tanggal tersebut. Wow..di pasar ini ada suatu fenomena yang cukup unik. Ada komoditas yang permintaannya meningkat pesat. Komoditas tersebut adalah uang. Permintaan uang yang terus meningkat menyebabkan menjamurnya lintah darat yang mencoba menawarkan dagangannya. Mereka menawarkan pinjaman tanpa agunan yang sangat menarik buat pedagang yang membutuhkan uang segera. Bukan main lincahnya, tak kalah pintarnya dengan salesman pabrik atau pengusaha yang mengikuti tender. Mulai paket harian, tiga harian, mingguan, bulanan, tiga bulanan, sampai paket tahunan. Jangan tanyakan soal yang bunga yang diminta, kalkulasi bunga setahun dari puluh pan penjaja kredit itu mungkin ngga kalah jauh dari bunga yang diperoleh bank negara di desa ini. Kalau sehari seorang pedagang dipukul rata-tara membayar 10.000 untuk bunga saja, dengan 200 peminjam akan menghasilkan bunga 2.000.000 sehari, dan setahun bisa mencapai 700 juta. Wowww…jumlan yang tidak sedikit.

demikian laporan saya semoga bisa dijadikan referensi untuk lebih seketif bebelanja, berhutang, atau memilih pekerjaan,,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: