Oleh: donbull | November 20, 2011

The Quick Brown Fox Jump Over The lazy Dog

The Quick Brown Fox Jump Over The lazy Dog

 Kemarin waktu belajar grafis, gw jadi sering ngulet-ngulet font, lihat font ini, lihat font itu pilih-pilih mana yang cocok dan sesuai.Setiap lihat font pake font viewer pasti preview yang muncul pasti tulisan The quick brown fox jump over the lazy dog.Sering bertanya kenapa ngga diurutin aja a,b,c,d, dst sampai z saja. Kenapa pakai kalimat itu? Setelah cari-cari, ternyata dari kalimat(frasa)
The Quick Brown Fox Jump Over The lazy Dog itu semua huruf alphabet dari a sampai z sudah dipakai semua, masing-masing satu kecuali huruf o (ada 3) dan e (ada 2).Ceritanya, kalimat (frasa) tersebut pertama kali dipakai pada 14 Maret tahun 1885 dalam artikel berjudul “Notes Interesting” yang tujuan utamanya sebagai salah satu alternatif untuk berlatih mengetik (wikipedia).Jika tertaik, silahkan mencoba mengetikkannya secepat mungkin. Frasa tersebut kemudian diadopsi di dunia perhurufan (typhografi). Kalau dipikir2 emang bener, dengan dipriviewkan lewat frasa itu, kita bisa lebih melihat sandingan huruf2 yang sering dipakai. Bisa lebih kelihatan bagus atau tidak kalau nanti dipakai dalam tulisan. Hal ini ngga bakal terlihat kalau diurutin secara alphabet.


Responses

  1. selain “the quick brown fox jumps over the lazy dog”, ada lagi kalimat sampel yang lain kan, Kak? tapi saya lupa kalimatnya, hehehe…

    • oh ada ya… saya belum tahu ni….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: