Oleh: donbull | September 13, 2011

TIPS MENGUPAS BAWANG (ngopes bawang) dalam jumlah banyak

Bawang Putih (Allium sativum) termasuk tumbuhan berumbi lapis yang sangat familiar di kalangan masyarakat.  Setiap umbi bawang putih terdiri dari sejumlah anak bawang (siung) yang setiap siungnya terbungkus kulit tipis berwarna putih. Anak bawang inilah yang selama ini banyak kita gunakan dalam masakan. Hampir sebagian besar masakan menggunakan bawang putih. Bawang putih seakan jadi rempah wajib buat masak apa saja.

Buat anda yang setiap hari memasak, mungkin anda akan sering mempergunakan bawang. Rempah yang satu ini mempunyai bau yang khas dan getah yang lengket. Jika ingin menggunakannya, bawang terlebih dahulu harus dikupas. Aktivitas mengupas bawang sendiri bisa menyebabkan banyak efek. Jika anda mengupaskannya dalam jumlah kecil dan tidak terlalu sering, mungkin efek yang terasa paling cuma mata pedih karena gas yang dihasilkan pada saat aktivitas pemotongan. Efek yang lain akan terasa lengket ditangan dan bau bawang yang nempel ke tubuh.

Lain halnya jika anda seorang penjual sate, bakso, atau pemasok bawang kupasan (opesan). Anda pasti setiap hari akan mengupas bawang dalam jumlah banyak. Apalagi kalau musim lebaran, bisa mencapai 10 sampai 20 kg setiap hari, bahkan bisa lebih dari itu. Tangan bisa kriting dan pegel-pegel. Selain efek pegal pada tangan, masih ada efek lain. Efek yang sering muncul jika anda sering mengupas bawang dalam jumlah banyak antara lain :

  1. Efek lebih pedih dan tangan lebih lengket
  2. semakin lama dan banyak bawang yang anda kupas maka tangan anda akan terasa perih dan panas.
  3. panas yang ditimbulkan bisa bertahan dsampai 2 sampai 3 hari, ngga nguati deh panasnya. hehehe :P
  4. Efek yang lebih parah bisa menebabkan lapisan kulit ari mengelupas.

Tapi tenang saja, masih ada solusi buat efek kurang baik di atas. Beberapa cara yang bisa ditempuh antara lain,

  1. Usahakan jika mengupas bawang jangan sampai tubuh bawang tergores. hal ini menyebabkan getah bawang keluar. (khususon buat pemasok bawang kupasan);
  2. Rendam bawang dalam air beberapa menit sebelum dukupas. Cara ini sangat efektif untuk mengurangi getah yang keluar dan lebih cepat dalam mengupasnya;
  3. Untuk efek tangan kriting dan pegal-pegal bisa diminimalkan dengan beri jeda istirahat sebentar sambil meregangkan otot tangan. Menarik-narik tangan atau malam harinya bisa main ke tukang pijat.

Selamat mencoba :DDD

#puasa dan ramadhan 1432 H (2011 M)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: