Oleh: donbull | September 21, 2011

Edit Foto Ijazah Sendiri dengan Photoshop

Lagi ingin share soal bagaimana ngedit foto ijazah sendiri. Lumayan lho kalau bisa. Pertama, jelas bisa nambah keterampilan kita meskipun cuma ngedit foto doang (nambahin ilmu).Ini yang paling utama. Kedua, ngga perlu foto sama edit ke studio dan bayar 30-50 rb. Kalaupun kepepet ke studio cukup buat cetak aja atau bisa ke warnet yang melayani jaza cetak ffoto digital. ongkosnya jauh lebih murah. Foto 2×3 Rp.400/lembar, 3×4 Rp600/lembar,dan 4×6 Rp800/lembar (harga wilayah bintaro tangerang, sept 2011). Ketiga, bisa buat bantuin temen atau bisa bekal buat studio dan cetak foto kecil-kecilan.

Inti dari foto ijazah yang paling utama itu sesuai dengan kondisi sebenarnya objek foto pada sekitar tanggal foto. Jangan sampai orang yang penampakan aslinya kaya komeng difoto kaya steven seagel. Hahaha. Mungkin yang perlu diedit itu kecerahan wajah, ngilain noda di wajah, ngitemin rambut, dan ganti background. Kalau bisa wajah terlihat paling bagus dan jelas, soalnya kalau udah ditempel dan ditandatangani ngga bisa diganti sama foto yang lain.

jangan sampai editan anda terlihat tidak alami dan sangat mencolok kaya pengalaman saya pertama kali ngedit pake photoshop

gambaran kerjanya kaya gambar berikut

langsung saja, langkah-langkahnya

  1. buka photoshop cs4/cs5 bisa juga versi yang lain
  2. klik crop tool, set width = 4 cm dan height =5,7 cm kemudian crop foto. usahakan wajah dan setengah badan masuk. klik kanan pilih crop.
  3. pilih menu Image –> adjusment –> curves. padda box curves yang muncul, geser titik tengah area curve sedikit ke kiri atas. Lihat gambar. Pilih OK
  4. pilih menu Image –> addjusment –> selective color. Pada pilihan colors, pilih Yellows. Geser slider Yellow dan Black ke arah kiri (aga jauh) untuk menghilangkan warna gelap dan dan agar kulit wajah tampak lebih putih. Klik Ok.
  5. Untuk mencerahkan warna jas, pilih menu image –> adjustment –> pilih color balance atau (Ctrl+B). pada box color balance yang muncul, geser slider ke arah warna biru sedikit saja. Pengaturan color balance disesuaikan dengan warna pakaian atau jaz yang dipakai. Cukup geser ke arah warna pakaian yang ingin dicerahkan.
  6. untuk menghilangkan kilau putih pada rambut, gunakan burn tool, pada kotak range pilih shadow dan ature exposure 50%. Sap[ukan ke area rambut yang tampak putih karena cahaya. bisa juga untuk alis, kumis, dan janggut. Sesuaikan sapuan agar tetap tampak alami.
  7. Untuk mengganti warna background, klik paint bucket tool, pilih warna denga klik kotak default warna. Banyak warna yang bisa dipilih. Semua tergantung kebutuhan. misalnya kita pakai #eb0000.
    klik area warna merah yang ingin diganti.
  8. untuk bagian yang lebih detail dan kecil, misalnya bayangan karena cahaya, bisa kita gunakan brus tool. Pilih brush tool –> atur ukuran brusnya –> sapukan.
  9. Setelah menempuh proses di atas akan diperoleh hasil berikut
  10. Kalau dibandingin dengan sebelum diedit sebagai berikut

Buat yang mencetak sendiri, anda perlu memperhatikan jenis kertas foto, jenis printer dan kondisi printer itu sendiri untuk mendapatkan hasil yang bagus. Untuk kertas anda bisa memilih premium glossy atau ultra premium glossy. Printer, anda bisa gunakan Epson R 230 atau yang lebih tinggi. hehehe. sebagian teknik editting ini saya dapat waktu ke studio foto dan ikut liatin proses edittingnya. Masih mungkin tiap studio punya teknik dan kualitas editting yang berbeda. Sebenarnya masih banyak teknik yang bisa digunakan untuk improving fotonya, misalnya dengan teknik spesial dodge and burn layer untuk improving skin wajah(ini tidak bakal kelihatan sama-sekali kalau di edit) dan lain sebagainya. Lain kesempatan saya akan berbagi soal Spesial dodge and burn itu.

About these ads

Responses

  1. wah, infonya lengkap,
    bisa buka usaha foto sendiri nih.
    hehe

    • wah, silahkan mas… hehehe salam kenal ya….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d bloggers like this: